GARDA BIAS

Spread the love

IMG-20151105-WA0000

LATAR BELAKANG

Penyakit  campak  merupakan  penyakit  menular  yang  disebabkan  oleh  virus,  biasanya menyerang usia muda (bawah 15 tahun) dan masih sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) di Indonesia. Kabupaten Sleman merupakan salah satu kabupaten di Propinsi DIY yang juga  tidak  luput dari masalah penyakit ini.

Desa Sukoharjo adalah salah satu desa di wilayah Puskesmas Ngaglik 2 yang terletak berbatasan dengan Kecamatan Ngemplak, Desa Sinduharjo dan Desa Sardonoharjo dengan jumlah penduduk 12.265 (data sampai dengan bulan Juni 2011) dengan proporsi usia muda (<15 tahun) mencapai 30,45% atau 3735 orang.

Program imunisasi secara umum belum diterima sepenuhnya oleh masyarakat khususnya Dusun Tanjung Sari dan Wonosalam. Di Wilayah tersebut cakupan imunisasi campaknya rendah selama bertahun-tahun sehingga terjadi akumulasi kelompok rentan campak sehingga menimbulkan kejadian luar biasa. Hal ini dikarenakan di wilayah tersebut ada sebagian masyarakat yang punya pemahaman idiologi yang berbeda berkaitan dengan imunisasi. Pada tahun 2011 terjadi kasus campak di dusun Tanjung Sari dan Wonosalam sebanyak 102 orang.

Pada tahun 2014 terjadi kasus campak di wilayah Desa Donoharjo tepatnya di SDIT Hidayatullah Balong Donoharjo, para siswa sebanyak 36 anak telah terjangkit campak.

Di wilayah Puskesmas Ngaglik II terdapat kantong-kantong daerah yang menolak imunisasi dengan alasan ideologi dan kurang kesadaran.

Garda menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah prajurit pengawal. Garda BIAS Campak dimaksudkan untuk seluruh elemen masyarakat menjadi pengawal kegiatan BIAS Campak di wilayah Puskesmas Ngaglik II

TUJUAN

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan angka cakupan imunisasi BIAS Campak di sekolah-sekolah untuk mencegah terulangnya KLB Campak di wilayah Puskesmas Ngaglik II.

Grafik Bias 3

Grafik Bias

Grafik Bias1

Grafik Bias2

P_20151202_113313

P_20151202_113452

 

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *