Pre Marital Check? Seberapa Penting?

Spread the love

Siapa sih yang tidak bahagia jika dambaan hati melamar dan mengajak untuk menikah? Pernikahan adalah gerbang baru dimulainya kehidupan berumah tangga, yang tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Menjelang pernikahan biasanya calon pengantin (catin) disibukkan dengan berbagai persiapan, mulai dari tempat acara, catering, baju, dan lain sebagainya. Namun, tidak sedikit pasangan catin yang belum menyadari pentingnya pre marital check up.

Pre Marital Check Up atau dalam bahasa Indonesia disebut Cek Pra Nikah adalah salah satu pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh calon pasangan pengantin (Catin) untuk mengetahui kondisi kesehatan Catin tersebut.

Lalu, apa sih fungsinya melakukan pemeriksaan pra nikah ini?

Cek pra nikah dapat mengenali/mendeteksi risiko, atau kondisi yang saat ini dimiliki pasangan, bukan hanya secara fisik sehat, namun juga secara psikologis dan kondisi gizinya. Setiap pasangan yang akan menikah disarankan untuk menjalani pemeriksaan ini, terutama bagi kaum perempuan, karena dengan pemeriksaan ini juga sebagai bentuk antisipasi jika ke depannya ingin langsung memiliki keturunan. Di Kabupaten Sleman, pemeriksaan catin ini merupakan salah satu syarat administrasi wajib untuk mendaftarkan pernikahan ke KUA.

Apa saja layanan dan alur Cek Pra Nikah di Puskesmas Ngaglik II ?

  • Pendaftaran
    • Di poli ini, catin yang datang hanya menyerahkan surat pengatar dari Desa untuk melakukan pemeriksaan catin, kartu identitas diri (ktp), dan diusahakan untuk datang berdua karena yang diperiksa nantinya bukan hanya pihak perempuan, namun juga laki-lakinya. Jadi penting untuk menyempatkan waktunya sehari untuk melakukan pemeriksaan ini ya sobat!.
  • Kasir
    • Cek pra nikah ini tidak bisa menggunakan jaminan seperti KIS atau BPJS ya, dan biaya yang dipatok untuk saat ini (Tarif dapat berubah sesuai dengan peraturan terbaru yang berlaku) adalah sebesar Rp.125.000 untuk catin perempuan, dan  Rp. 70.000 untuk catin laki-laki. Jangan lupa siapkan dana untuk pemeriksaan ini ya sobat!
  • Poli KIA
    • Poli KIA atau poli Kesehatan Ibu dan Anak adalah poli untuk memeriksa dan konsultasi tentang kesehatan reproduksi. Di poli ini juga akan dilakukan imunisasi TT yang nantinya akan diberikan kartu TT sebagai tanda sudah diimunisasi.
    • Nah bagi sobat yang mau tanya-tanya tentang kesehatan reproduksi dan mungkin ingin tau tips merencanakan kehamilan, bisa ditanyakan juga ke bidan-bidan hebat di poli ini.
  • Laboratorium
    • Di laboratorium akan dilakukan pemeriksaan Hb (hemoglobin) dan cek kehamilan (PP test). Pemeriksaan Hb berfungsi untuk mengetahui kadar Hb calon pengantin perempuan. Jika Hb nya tergolong rendah, maka nantinya akan ada saran tindakan yang diberikan oleh dokter untuk mengatasi hal tersebut.
  • BP Gigi
    • Mau menikah kok pakai periksa gigi? Emangnya penting? Penting dong! Pemeriksaan gigi sebelum menikah bukan hanya untuk penampilan saja lho, tapi ada manfaatnya. Dengan mengetahui kondisi kesehatan gigi para calon orang tua, terutama ibu, berdampak secara tidak langsung pada perkembangan janin. Pemeriksaan gigi sebelum menikah juga bertujuan untuk mencegah infeksi yang mungkin ada di gigi. Oleh ka­rena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin gigi, terutama bagi mereka yang hendak menikah. Agar kondisi gigi dan mulut sehat, dan terjaga hingga kehamilan ­terjadi.
  • Poli Gizi
    • Konseling gizi sebelum menikah bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan calon ibu dan calon generasi yang sehat. Selain itu, konseling gizi juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan catin tentang gizi sehingga terwujud keluarga sadar gizi. Di poli ini akan dilakukan pengukuran antropometri untuk menjadi dasar sesi konseling, juga akan dijelaskan mengenai gizi seimbang. Pada sesi konseling ini jika diketahui catin perempuan mengalami masalah gizi seperti kurus, obesitas, KEK, anemia, maka akan diberikan konseling yang sesuai dengan masalahnya supaya dapat mengubag perilaku gizinya sampai nanti persiapan kehamilan.
  • Poli Psikologi
    • Di Poli ini akan ada sesi konsultasi dengan psikolog, yang bertujuan untuk mempersiapkan secara mental kehidupan ke depan setelah menikah.
  • BP Umum
    • Setelah melalui semua sesi itu, di poli ini sobat catin akan bertemu dengan Dokter yang akan memeriksa kondisi fisik sobat dan sekaligus yang akan mengeluarkan surat keterangan sehat catin yang sobat butuhkan untuk diserahkan ke KUA.

Nah jika semua layanan tersebut sudah sobat terima, maka surat yang sobat dapatkan dapat diserahkan ke KUA sebagai syarat administrasi pendaftaran pernikahan. Namun, tentunya segala pemeriksaan yang dilakukan itu bukan hanya untuk terbitnya surat, melainkan juga memberikan manfaat bagi sobat catin yang segera menuju gerbang pernikahan ya.

Jangan lupa untuk datang berdua ketika melakukan cek pra nikah ini ya sobat, karena menikah itu dilakukan oleh dua orang, jadi sempatkan waktu sobat untuk menjalani persiapan ini.

 

Penyuluh Kesehatan Masyarakat Puskesmas Ngaglik II

Ajeng Rizki Fauzi, S.K.M

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *